Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Website Resmi Sekolah

Manfaat Website Resmi Sekolah

Manfaat Website Resmi Sekolah - Sebagai akibat perkembangan teknologi saat ini berbagai aspek kehidupan masyarakat perlahan mulai beradaptasi dengan ikut memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Pendidikan sekolah sebagai salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat juga tidak boleh kalah dalam pemanfaatan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk menunjang aktivitas pendidikannya adalah website. Mengapa sekolah perlu memiliki website? Berikut ini adalah beberapa manfaat website resmi sekolah jika sekolah memilikinya.

Media Informasi

Manfaat website resmi sekolah yang pertama adalah sebagai media informasi yang terpercaya baik tentang informasi akademik maupun non akademik sekolah. Hal ini tentu sejalan dengan komitmen pemerintah saat ini untuk mengurangi maraknya penyebaran berita bohong (hoaks). Melalui websitenya, sekolah dapat turut serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kebenaran berbagai informasi yang tengah beredar. 

Sebagai media informasi akademik, website dapat digunakan untuk menampilkan profil sekolah, data PTK & peserta didik, informasi penerimaan peserta didik baru, dan pembelajaran daring. Dalam hal non akademik, website dapat dimanfaatkan untuk menyajikan berbagai tulisan seperti artikel, berita, opini, dan lain sebagainya.

Media Komunikasi

Masih berkaitan dengan manfaat website resmi sekolah sebagai media informasi, manfaat yang akan didapatkan oleh sekolah yang memiliki website adalah kemudahan untuk memberikan berbagai pilihan jalur komunikasi. Dalam websitenya, sekolah dapat menuliskan nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat email sekolah, bahkan profil media sosial milik sekolah. Dengan demikian, jika terdapat pihak lain yang ingin segera berkomunikasi dengan pihak sekolah, dapat dengan mudah melakukannya karena tersedia berbagai pilihan jalur komunikasi.

Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah. Hal ini karena banyak terjadi kasus salah paham yang diakibatkan karena kurangnya komunikasi. Oleh karena itu, dengan memiliki website sekolah maka salah paham dan disinformasi dapat lebih dihindari.

Media Publikasi

Berbagai aturan baru atau kebijakan publik yang dikeluarkan pemerintah terkadang tidak sampai kepada masyarakat awam. Hal ini tentu dapat mengakibatkan kurangnya pemahaman masyarakat akan kebijakan yang dikeluarkan sehingga dapat mengurangi peran serta masyarakat dalam menyelenggarakan kebijakan tersebut. Sebagai media publikasi merupakan salah satu manfaat website resmi sekolah untuk mempublikasikan berbagai kebijakan dan aturan baru yang dibuat pemerintah agar dapat dengan mudah diketahui oleh masyarakat.

Melalui websitenya, sekolah dapat memberikan penjelasan tambahan terkait kebijakan baru tersebut dan dapat pula memberikan himbauan agar masyarakat dapat turut serta mendukung kebijakan baru yang telah dibuat. Sekolah juga dapat menghimpun berbagai sikap atau tanggapan masyarakat terhadap kebijakan tersebut yang selanjutnya dapat diteruskan pada pembuat kebijakan sebagai umpan balik dan bahan evaluasi kebijakan yang telah dibuat.

Media Promosi

Pada zaman sekarang ini, banyak orang tua/wali yang lebih selektif dalam memilih tempat belajar untuk buah hatinya. Melalui website yang dimilikinya, sekolah dapat menampilkan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh sekolah sebagai penarik minat orang tua/wali agar mau menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Website sekolah dapat dilengkapi dengan berbagai gambar dan/atau video kegiatan pendidikan di sekolah. Berbagai fasilitas juga dapat ditampilkan sebagai pemanis agar semakin menarik minat orang tua/wali dan calon peserta didik untuk bersekolah di sekolah tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekolah selalu berusaha untuk mendapatkan peserta didik sebanyak-banyaknya, karena memang alokasi dana BOS saat ini dihitung berdasarkan jumlah peserta didik yang terdaftar di sekolah tersebut. Oleh karena itu, sekolah perlu memiliki sebuah website karena salah satu manfaat website resmi sekolah adalah sebagai media promosi.

Demikian tulisan mengenai manfaat website resmi sekolah. Jika ingin membuat website sekolah silahkan baca terlebih dahulu tulisan kami tentang cara membuat website sekolah.
Dwi Iswahyudi
Dwi Iswahyudi Seorang pendidik sekolah dasar, penggemar teknologi, penulis blog, jasa pembuatan website sekolah.

Posting Komentar untuk "Manfaat Website Resmi Sekolah"