Tips Belajar Efektif Dan Efisien

Tips Belajar Efektif Dan Efisien – Belajar merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seorang pelajar mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Belajar amatlah penting karena melalui belajar, seseorang akan mengalami perkembangan pemikiran dan mental. Dengan berkembangnya pemikiran dan mental yang optimal maka orang dapat menjalani kehidupannya dengan lebih terarah. Namun demikian, belajar tidaklah selalu mudah bahkan terkadang bisa sangat menyusahkan bagi sebagian orang. Seseorang bisa saja menyebut dirinya telah belajar, namun hasilnya belum tentu sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini kami akan mencoba memberikan tips belajar efektif dan efisien agar mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Percaya Diri

Percaya dengan kemampuan diri sendiri dan yakin dengan sepenuh hati bahwa kita bisa memahami materi yang sedang dipelajari merupakan tips belajar efektif dan efisien yang pertama. Setiap materi pelajaran yang diberikan oleh guru merupakan materi yang sudah diolah dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik dan pemahaman disetiap jenjang pendidikan, jadi kalau kita masih sebagai seorang siswa pada tingkat pendidikan SD atau SMP maka akan sangat kecil kemungkinannya untuk mendapat materi pelajaran tingkat SMA.   

Kemampuan seseorang dalam memahami materi pelajaran mungkin akan berbeda dengan orang lain. Ada orang yang cepat memahami suatu materi pelajaran namun lambat dalam memahami materi pelajaran lain, dan ada juga orang yang lambat memahami suatu materi pelajaran, namun cepat dalam memahami materi pelajaran lainnya. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu disadari bahwa setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Jika kita merasa lambat dalam memahami suatu materi pelajaran, mungkin saja memang materi itu bukanlah bagian dari potensi kita yang sebenarnya dan kita memiliki potensi pada materi pelajaran yang lainnya, sehingga kita hanya perlu mengulang-ulang materi pelajaran tersebut sampai memahaminya dengan baik.

Rutinitas

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa mengulang-ulang materi pelajaran merupakan bagian dari tips belajar efektif dan efisien. Mengulang-ulang materi pelajaran akan membuat suatu pola rutinitas belajar. Melalui rutinitas belajar, maka seseorang dapat menemukan gaya belajar yang sesuai dengan dirinya sendiri. Rutinitas belajar perlu dilakukan baik di rumah maupun di sekolah. Jika belajar di sekolah, rutinitas belajar dikelola oleh bapak/ibu guru, maka ketika belajar di rumah, rutinitas belajar dikelola oleh diri sendiri. Belajar secara rutin di rumah akan membantu mempercepat proses memahami suatu materi pelajaran.   

Kebanyakan siswa mungkin mau belajar hanya ketika berada di kelas atau mau belajar di rumah hanya ketika sedang ada PR. Padahal sebagian besar waktu yang kita miliki adalah ketika sedang berada di rumah. Jadi sebisa mungkin, sediakanlah sedikit waktu untuk belajar di rumah secara rutin. Kita bisa menyediakan waktu belajar setelah pulang sekolah. Tentunya setelah melakukan aktivitas pulang sekolah yang lain seperti istirahat, ganti pakaian, makan dan sebagainya. Hal ini bisa dilakukan karena materi baru saja dipelajari di sekolah, sehingga dengan mengulangi materi setelah pulang sekolah akan dapat menambah pemahaman tentang materi pelajaran tersebut dan mengurangi resiko lupa mengerjakan jika mendapatkan PR dari sekolah.   

Jika belajar setelah pulang sekolah tidak dapat dilakukan karena merasa terlalu lelah, maka bisa memilih waktu belajar pada pagi hari setelah bangun tidur. Tentu saja hal ini mengharuskan untuk dapat bangun lebih awal untuk belajar. Bagi umat muslim, maka bisa memilih waktu belajar pada pagi hari setelah sholat subuh. Pagi hari dipercaya sebagai waktu yang baik untuk belajar karena pikiran manusia masih segar sehingga mudah memahami materi pelajaran. Namun kapanpun waktu yang digunakan untuk belajar di rumah tentu tidak akan optimal bila tidak dilakukan secara rutin. Sehingga perlu rutinitas agar belajar dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Kerja Sama

Cara belajar efektif dan efisien yang ketiga adalah kerja sama. Kerja sama dipercaya sebagai kegiatan yang dapat mempercepat penyelesaian suatu pekerjaan. Melalui kerja sama, hal-hal yang berat akan terasa ringan, hal-hal yang sulit akan terasa mudah. Kerja sama dalam belajar diperlukan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dalam belajar. Kerja sama dalam belajar dapat dilakukan ketika sedang di dalam kelas, ataupun ketika sudah berada di rumah.  

Kerja sama di dalam kelas dapat dilakukan antara siswa dengan siswa lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa kerja sama berbeda dengan menyalin jawaban dari siswa lain. Kerja sama memerlukan kegiatan berpikir secara bersama-sama dimana hasil pemikiran tersebut bisa saja saling berbeda antara siswa satu dengan yang lainnya. Kegiatan kerja sama juga bisa dilakukan dengan aktif bertanya dan/atau berkonsultasi kepada bapak/ibu guru tentang materi pelajaran yang belum dipahami dan kesulitan-kesulitan belajar lainnya. Dengan aktif bertanya kepada bapak/ibu guru maka terjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa yang dapat mendukung terciptanya proses belajar yang efektif dan efisien.    Kegiatan kerja sama tidak hanya dapat dilakukan di kelas. Kerja sama juga dapat dilakukan ketika sedang belajar di rumah. Kerja sama dalam belajar di rumah dapat dilakukan antara siswa dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya. Sama halnya dengan kerja sama antara siswa dengan siswa, kerja sama dengan orang tua juga tidak boleh hanya sekedar menyalin jawaban yang diberikan oleh orang tua. Orang tua harus bisa membimbing siswa agar dapat menemukan jawabannya sendiri.

Berdoa

Tips terakhir belajar efektif dan efisien adalah berdoa kepada Tuhan yang maha esa, agar diberikan kemudahan dalam belajar. Bagi seorang manusia khususnya umat muslim, berdoa sudah seperti senjata. Melalui untaian doa yang kita panjatkan, harapan dan impian akan sesuatu bisa kita sampaikan kepada Dzat yang maha memiliki segalanya. Jika semua tips belajar efektif dan efisien sebelumnya sudah dilakukan dengan maksimal, maka doa adalah syarat utama yang harus dilakukan sebelum mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan harapan.   Demikian tulisan mengenai tips belajar efektif dan efisien yang bisa kami sampaikan. Sampai jumpa pada tulisan kami yang lainnya.

Tinggalkan komentar