Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Online Saat Pandemi

Tips Belajar Online Saat Pandemi

Tips Belajar Online Saat Pandemi - Belajar merupakan salah satu kewajiban siswa. Meskipun masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini yang mengharuskan pelaksanaan belajar dari rumah, siswa harus tetap semangat belajar meskipun dengan berbagai hambatan yang terjadi. Hambatan dalam belajar online tentu akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, agar belajar online dapat berjalan secara efektif maka pada tulisan kali ini akan kami sampaikan tips belajar online saat pandemi. Silahkan baca juga tulisan kami tentang tips belajar efektif dan efisien agar hasil belajar semakin meningkat.

Pilih Jaringan Yang Tepat

Tips belajar online yang pertama adalah dengan memilih jaringan internet yang tepat. Belajar online berbeda dengan belajar secara konvensional. Belajar online memerlukan jaringan internet agar dapat terlaksana. Semakin baik jaringan internet maka proses belajar online akan semakin baik. Pilihlah jaringan internet yang paling terjangkau dari tempat tinggal anda.

Banyak sekali penyedia jaringan internet baik seluler maupun internet kabel dengan berbagai tawaran harga yang menarik untuk belajar online. Namun tidak semua daerah dapat menggunakan jaringan tersebut secara optimal. Pastikan untuk memilih dan menggunakan jaringan internet sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jika memungkinkan untuk menggunakan internet kabel, maka itu akan lebih baik karena jaringan akan lebih stabil.

Hemat Kuota

Setelah memilih jaringan internet yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, tips belajar online yang selanjutnya adalah dengan menghemat kuota terutama bagi pengguna jaringan internet seluler. Jika menggunakan internet seluler maka pintar-pintarlah mengatur penggunaan kuota internet anda. Tentu kita tidak mau kuota internet habis saat proses belajar kan? Jadi pastikan kuota internet cukup untuk mengikuti belajar online sampai selesai.

Jika sedang tidak melakukan belajar online, kita bisa menghemat kuota internet dengan tidak menonton video streaming, maupun game online. Sebagai gantinya kita bisa mengunduh dan memainkan game ofline maupun menonton televisi. Tetapi pahamilah bahwa berlebihan dalam bermain game maupun menonton televisi juga dapat berakibat buruk pada perkembangan fisik maupun mental. Oleh karena itu, untuk mengisi waktu luang jika tidak sedang belajar online, sempatkanlah untuk melakukan aktifitas fisik secara rutin. Namun ingatlah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan jika melakukan aktifitas fisik ke luar rumah.

Buat Catatan

Tips belajar online saat pandemi yang selanjutnya adalah dengan menyediakan buku catatan untuk mencatat hal-hal penting yang sudah maupun belum kita pahami. Melalui catatan ini kita dapat melihat kembali materi yang sudah telah lalu dan menanyakan pada guru atau orang tua tentang bagian materi yang belum paham tersebut.

Jika ingin menanyakan pada guru atau orang tua saat belajar online, tetap gunakan sikap yang sopan. Terlebih lagi jika bertanya pada guru melalui pesan singkat/WA maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bertanya, diantaranya:

Memerhatikan waktu yang tepat untuk bertanya. Jangan bertanya pada waktu orang beristirahat.
Memberi salam sesuai agama dan waktu bertanya.
Meminta izin untuk bertanya, memberitahukan nama jika bertanya pertama kali, dan memberikan pertanyaan secara jelas.

Manfaatkan Berbagai Sumber

Belajar online memungkinkan kita untuk belajar dengan menggunakan berbagai sumber. Kita bisa memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia. Manfaatkanlah mesin pencari seperti google untuk menemukan berbagai materi belajar yang sesuai dengan kebutuhan. Kita juga dapat memanfaatkan berbagai website penyedia layanan belajar online gratis seperti rumah belajar milik Kemdikbud RI.

Demikian tulisan kami mengenai tips belajar online saat pandemi. Sampai jumpa pada tulisan kami selanjutnya.
Dwi Iswahyudi
Dwi Iswahyudi Seorang pendidik sekolah dasar, penulis blog, dan penggemar teknologi.
Buka Komentar

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Online Saat Pandemi"