Cara Mengikuti Program Guru Belajar

Cara Mengikuti Program Guru Belajar – Pada akhir tahun 2020 kemendikbud telah berhasil meluncurkan program guru belajar sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi guru pada masa pandemi. Namun demikian, masih terdapat beberapa guru yang belum dapat memanfaatkan program tersebut. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat program guru belajar menyajikan berbagai materi yang menarik serta bersertifikat 32 JP. Oleh karena itu pada tulisan kali ini kami akan membagikan cara mengikuti program guru belajar dari kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Kelebihan Program Guru Belajar

Sebelum kami jelaskan cara mengikuti program guru belajar, berikut ini akan kami sampaikan terlebih dahulu kelebihan program guru belajar.

  • Fleksibel: Guru dapat mengatur jadwal belajar sesuai kesibukan masing-masing.
  • Mudah: Guru lebih mudah mempelajari materi pembelajaran karena materi telah terbagi dalam beberapa sub materi.
  • Menantang: Guru dapat memilih materi pembelajaran yang menarik sesuai minat dan kemampuan.
  • Kolaboratif: Guru dapat bekerja sama dengan teman sejawat untuk menyelesaikan tahapan pembelajaran.
  • Gratis: Guru dapat mengikuti program guru belajar secara gratis. 
  • Bersertifikat: Guru akan mendapatkan sertifikat dengan 32 JP jika berhasil menyelesaikan seluruh tahapan pembelajaran pada program guru belajar.

Persiapan

Sebelum dapat mengikuti program guru belajar, guru perlu menyiapkan akun SIMPKB, jaringan internet yang stabil, dan perangkat komputer atau telefon pintar. Pastikan akun SIMPKB dapat terbuka, dan telah menjadi anggota salah satu komunitas. Jika kehilangan akses akun atau belum menjadi anggota salah satu komunitas, silahkan hubungi admin PKB pada dinas pendidikan atau ketua komunitas sekolah anda.

Masuk Dalam Akun SIMPKB

Silahkan kunjungi laman gurubelajar.kemdikbud.go.id. Pada laman yang terbuka, silahkan pilih menu masuk. Pada laman tersebut, silahkan masuk menggunakan akun SIMPKB anda. Isikan no.UKG pada kolom alamat surel, dan password pada kolom kata sandi. Pastikan kebenaran isian anda kemudian pilih tombol masuk. Jika informasi akun benar, akan terbuka laman baru berisi informasi seri pembelajaran yang tersedia.

Menentukan Jadwal

Silahkan pilih salah satu materi pembelajaran yang tersedia. Saat kami membuat tulisan ini, pembelajaran yang tersedia ada 4, namun hanya ada 1 pembelajaran yang dapat diikuti oleh semua guru tanpa prasyarat tertentu yaitu materi asesmen kompetensi minimum (AKM).

Guru dapat menentukan jadwal berdasarkan angkatan dan waktu yang ditentukan. Guru juga dapat mengikuti grup telegram untuk mendapatkan informasi lengkap tentang pembelajaran yang telah dipilih.

Mengikuti Pembelajaran

Pastikan untuk mengikuti pembelajaran sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Saat mengikuti pembelajaran, baca dengan teliti setiap materi dan petunjuk yang tersedia agar dapat menyelesaikan setiap tugas, kuis, maupun tes yang ada. Manfaatkanlah grup telegram untuk memperoleh informasi tambahan guna menyelesaikan menyelesaikan pembelajaran.

Beberapa seri pembelajaran juga mensyaratkan pembuatan video pengimbasan yang harus diunggah pada layanan berbagi video youtube. Jika telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pembelajaran, maka akan ada keterangan sudah tuntas pada kegiatan yang diikuti. Sertifikat dapat didownload pada menu sertifikat kegiatan jika belum terdapat link untuk mengunduh sertifikat, silahkan periksa secara berkala laman tersebut. Anda telah berhasil menyelesaikan pembelajaran pada program guru belajar.

Demikian tulisan tentang cara mengikuti program guru belajar. Sampai jumpa pada tulisan kami selanjutnya. 

Tinggalkan komentar