Cara Mudah Membuat SPT PNS Online

Cara Mudah Membuat SPT PNS Online – Setiap tahun mulai sejak bulan Januari hingga Maret para pegawai negeri sipil yang wajib membuat surat pemberitahuan pajak penghasilan (SPT PPH). SPT adalah surat untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan. Karena setiap tahun wajib melaporkan, sudah seharusnya para pegawai negeri sipil mengetahui cara mudah membuat SPT PNS online agar tidak perlu datang setiap tahun ke kantor pelayanan pajak hanya untuk membuat SPT.

Sekilas tentang SPT

Sebelum membahas cara mudah membuat SPT PNS online, perlu kami sampaikan bahwa setiap orang yang telah terdaftar sebagai wajib pajak yaitu dengan memiliki NPWP (nomor pokok wajib pajak) wajib membuat atau menyampaikan SPT tahunan pajak penghasilan. SPT tahunan pajak penghasilan terdiri dari 3 jenis yaitu: Formulir 1770SS, Formulir 1770S, Formulir 1770. Perbedaan penggunaan ketiga jenis formulir tersebut terletak pada penghasilan dan jenis usaha.

Formulir 1770SS untuk wajib pajak orang pribadi yang berstatus pegawai/karyawan dengan jumlah penghasilan bruto/kotor tidak lebih dari 60 juta rupiah dan hanya bekerja pada satu instansi/perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Formulir 1770S untuk wajib pajak orang pribadi yang berstatus pegawai/karyawan dengan jumlah penghasilan bruto/kotor lebih dari 60 juta rupiah dan/atau bekerja pada lebih dari satu instansi/perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Formulir 1770 untuk wajib pajak orang pribadi yang memiliki penghasilan dari usaha/pekerjaan bebas, penghasilan dari lebih dari satu pemberi kerja, dan penghasilan dalam dan luar negeri lainnya.

Persiapan

Siapkan Akun DJP Online

Sebelum membuat SPT PNS online, anda perlu menyiapkan akun djp online. Jika belum memiliki akun maka anda bisa membuatnya terlebih dahulu jika telah memiliki EFIN (electronic filing identification number). Jika belum memiliki EFIN, maka silahkan datangi kantor pelayanan pajak terdekat untuk membuatnya.

Terdapat beberapa persyaratan dalam pembuatan EFIN untuk wajib pajak orang pribadi diantaranya: alamat email aktif, kartu NPWP dan fotokopinya, KTP dan fotokopinya, dan formulir permohonan aktivasi EFIN. Permohonan pembuatan EFIN tidak dapat dikuasakan/diwakilkan sehingga wajib pajak harus mengajukan sendiri permohonannya. Semua persyaratan disampaikan melalui kantor pelayanan pajak terdekat untuk proses selanjutnya.

Siapkan Formulir 1721-A2

Jika telah berhasil membuat akun DJP online, langkah selanjutnya dalam cara mudah membuat SPT PNS online adalah menyiapkan formulir 1721-A2. Formulir 1721-A2 adalah formulir bukti potong PPH pasal 21 untuk PNS, anggota TNI, anggota Polri, dan/atau pensiunannya. Untuk mendapatkan formulir 1721-A2 silahkan hubungi bendahara keuangan pada instansi masing-masing. Pada formulir 1721-A2 terdapat banyak informasi penting guna pengisian SPT online. Jika anda seorang bendahara instansi, anda dapat membuat bukti potong PPH pasal 21 dengan menggunakan aplikasi excel berikut ini.

Aplikasi Excel Bukti Potong Pajak.xlsm Download

Pembuatan SPT Online

Masuk Akun DJP Online

Jika telah memiliki akun DJP online dan formulir 1721-A2, maka langkah selanjutnya adalah dengan masuk akun DJP online melalui alamat djponline.pajak.go.id. Pada halaman yang terbuka, masukan NPWP, password dan kode keamanan lalu pilih login. Jika berhasil anda akan diarahkan pada halaman informasi.

Membuat SPT

Silahkan pilih menu lapor untuk memulai cara mudah membuat SPT PNS online. Pilih cara pengisian e-filing maka anda akan diarahkan pada halaman arsip SPT. Jika anda sudah pernah membuat SPT sebelumnya, maka SPT tersebut akan terlihat pada halaman ini. Silahkan pilih menu buat SPT untuk mulai membuat SPT. Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan untuk menentukan jenis SPT yang harus anda buat.

Jawab semua pertanyaan maka akan muncul tombol jenis formulir SPT. Tekan tombol tersebut, maka anda akan masuk pada halaman data formulir. Silahkan pilih tahun pajak lalu pilih selanjutnya. Jika telah sampai pada halaman ini, silahkan isi semua data sesuai data sebenarnya. Anda bisa melihat formulir 1721-A2 yang telah ada sebelumnya. Pada bagian akhir anda harus menyetujui bahwa data yang anda isikan adalah benar dan siap untuk bertanggung jawab atas segala konsekuensi kebenaran data tersebut. Jika anda telah berhasil mengirim isian SPT maka anda akan mendapatkan bukti pengiriman elektronik (BPE) yang dapat anda simpan.

Demikian tulisan kami mengenai cara mudah membuat SPT PNS online. Pada dasarnya segala sesuatu akan terasa mudah jika telah terbiasa. Sampai jumpa pada tulisan kami selanjutnya.

Tinggalkan komentar