Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permendikbud Tentang Kurikulum 2013

Permendikbud Tentang Kurikulum 2013

Permendikbud Tentang Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 merupakan kurikulum resmi Indonesia saat ini. Kurikulum ini telah mengalami beberapa kali revisi sejak penerapan pertama pada tahun 2013 lalu. Aturan penerapan kurikulum 2013 terdapat pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (permendikbud) Republik Indonesia. Sudah seharusnya guru mengetahui dan memahami permendikbud tentang kurikulum 2013 ini agar dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan optimal.

Seperti keterangan sebelumnya bahwa guru harus mengetahui dan memahami peraturan yang berlaku sebelum melaksanakan pembelajaran. Dengan memahami peraturan, guru akan memahami perannya dalam pembelajaran. Guru juga dapat lebih memahami gambaran pembelajaran ideal yang harus dilaksanakan. Kegiatan inovasi pembelajaran dapat dilakukan tanpa bertentangan dengan aturan. Jika terdapat permasalahan yang muncul dalam pembelajaran, maka sikap dan pertanggung jawaban guru juga akan lebih jelas.

Permendikbud No. 20 Tahun 2016

Merupakan permendikbud tentang kurikulum 2013 yang mengatur standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah. Peraturan ini menggantikan permendikbud no. 54 tahun 2013 yang berlaku sebelumnya. Untuk melihat permendikbud no. 20 tahun 2013 silahkan kunjungi link di bawah ini.

Permendikbud No. 21 Tahun 2016

Peraturan ini mengatur tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah. Peraturan tentang kurikulum 2013 ini menggantikan permendikbud no. 64 tahun 2013 yang telah berlaku sebelumnya. Untuk melihat aturan ini silahkan kunjungi link di bawah.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016

Adalah permendikbud yang mengatur tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Permendikbud ini menggantikan permendikbud no. 65 tahun 2013 yang berlaku sebelumnya. Silahkan kunjungi link berikut ini untuk melihat permendikbud no. 22 tahun 2016 selengkapnya.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016

Merupakan peraturan yang mengatur tentang standar penilaian pendidikan dasar dan menengah. Peraturan ini menggantikan permendikbud no. 104 tahun 2014 yang berlaku sebelumnya. Untuk melihat aturan ini silahkan kunjungi link berikut ini.

Permendikbud No. 37 Tahun 2018

Adalah peraturan yang mengatur tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Peraturan ini menggantikan permendikbud no. 24 tahun 2016 yang berlaku sebelumnya.Silahkan kunjungi link berikut untuk melihat peraturan ini.

Demikian tulisan mengenai permendikbud tentang kurikulum 2013. Mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan, maka guru harus selalu berusaha memberikan pembelajaran bermakna bagi siswanya. Banyak hal yang bisa guru lakukan untuk memberikan pembelajaran yang bermakna. Memahami permendikbud tentang kurikulum 2013 merupakan salah satu bentuk usaha guru untuk mempersiapkan pembelajaran yang bermakna bagi siswanya.

Dwi Iswahyudi
Dwi Iswahyudi Seorang pendidik sekolah dasar, penulis blog, dan penggemar teknologi.
Buka Komentar

Posting Komentar untuk "Permendikbud Tentang Kurikulum 2013"