✓ Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Cara Membuat Blog Dengan Blogger - Sudah menjadi pengetahuan umum jika mengelola blog memiliki banyak manfaat. Terlebih bagi guru yang merupakan seorang pengajar sekaligus pendidik.

Saya bahkan sudah menuliskan beberapa manfaat guru memiliki blog yang dapat memengaruhi kehidupannya secara pribadi maupun pekerjaan. Oleh karena itu saya sangat mendorong para guru untuk mulai membuat blog dan menulis untuk blognya.

Namun pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membuat blog dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuatnya? Pada tulisan ini saya akan coba terangkan bagaimana cara membuat blog guru menggunakan blogger.

Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Persiapan Sebelum Membuat Blog Dengan Blogger

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat blog yaitu: memilih topik blog, memilih template, jaringan internet, dan perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Memilih Topik Blog

Topik blog perlu ditentukan sejak awal pembuatan blog agar lebih mudah untuk melakukan pengaturan awal blog. Topik blog nantinya akan memengaruhi pengaturan menu navigasi, deskripsi blog, dan tulisan dalam blog.

Menurut beberapa pembuat blog dan pakar SEO (search engine optimazion), blog dengan satu topik utama lebih baik dibandingkan dengan blog yang terdiri dari banyak topik. Beberapa topik yang sering dipilih oleh para pembuat blog yaitu pendidikan, teknologi, teknik pemasaran, teknik seo dan lain lain.

Pastikan memilih topik blog yang paling dikuasai. Ini penting karena akan berpengaruh terhadap tulisan dalam blog. Jika memilih topik yang tidak dikuasai, akibatnya bisa menyulitkan saat membuat tulisan blog.

Memilih Template Blog

Blogger terdiri dari suatu bagian yang disebut template. Template ini merupakan sekumpulan kode pemrograman yang digunakan untuk membuat tampilan blog.

Saat pertama kali membuat blog dengan blogger, maka akan langsung menggunakan template bawaan blogger yang menurut saya pribadi tampilannya kurang menarik. Anda bisa memilih untuk tetap menggunakan template bawaan atau menggunakan template lain dari pihak ketiga yang tampilannya lebih menarik.

Beberapa template blogger pihak ketiga yang banyak digunakan oleh para blogger di Indonesia antara lain template sugeng.id, jagodesain.com, dan soratemplate.com. Dua nama yang pertama adalah penyedia template blogger berbayar, sedangkan yang terakhir adalah penyedia template gratis dan berbayar.

Jika ingin menemukan variasi template blogger baik yang gratis maupun berbayar, silahkan ketik kata kunci template blogger pada pencarian, maka akan ditemukan banyak sekali rekomendasi template dari berbagai penyedia.

Jaringan Internet dan Perangkat

Pastikan anda memiliki jaringan internet dan perangkat yang dapat digunakan untuk terhubung dengan jaringan internet. Untuk membuat blog, saya sangat menyarankan untuk menggunakan komputer atau laptop. Namun jika tidak ada, anda tetap bisa menggunakan smartphone anda untuk membuat blog.

Anda juga perlu menyiapkan sebuah alamat email google. Jika anda belum memilikinya, maka anda dapat membuatnya terlebih dahulu.

Pembuatan Blog Dengan Blogger

Silahkan ikuti langkah berikut ini untuk mulai membuat blog dengan blogger.

  1. Silahkan buka browser internet anda dan ketik alamat blogger.com. Anda akan langsung diarahkan ke halaman awal pembuatan blog.
  2. Pilih buat blog dan isikan alamat email, sandi, nama blog, alamat blog, dan konfirmasi nama blog. Jika anda mengisi isian dengan benar, maka anda akan dialihkan pada halaman admin blogger.
  3. Jika anda menggunakan komputer atau laptop, pada bagian sebelah kiri terdapat beberapa menu yang terlihat. Namun jika anda menggunakan smartphone, anda harus menekan timbol di pojok kiri atas untuk melihat menu tersebut.
  4. Pilih menu pages atau halaman dan mulailah membuat halaman tentang, kontak, dan kebijakan privasi. Nantinya anda juga perlu membuat halaman sitemap atau peta situs jika blog anda sudah berisi beberapa postingan.
  5. Menu layout atau tata letak digunakan untuk mengatur tampilan blog. Anda bisa merubah warna, menu navigasi, gambar logo dan lain-lain. Anda bisa menambahkan halaman yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam menu navigasi.
  6. Pengaturan layout atau tata letak setiap template blogger berbeda beda. Penting bagi anda untuk membaca terlebih dahulu petunjuk atau dokumentasi template yang anda gunakan.
  7. Jika ingin mengubah template silahkan pilih menu theme atau tema. Pada halaman tersebut, anda bisa menggunakan template gratis bawaan blogger atau menggunakan template blogger pihak ketiga yang telah disiapkan sebelumnya.
  8. Menu view blog atau lihat blog digunakan untuk melihat tampilan blog jika dilihat oleh pengunjung blog anda. Pada bagian alamat blog, masih menggunakan subdomain gratis dari blogger berupa akhiran namablog.blogspot.com.
  9. Anda bisa mengubah alamat tersebut sesuai dengan keinginan anda melalui menu setting atau setelan. Silahkan pilih nama blog jika hanya ingin mengubah alamat blog tapi tetap menggunakan subdomain blogger. Silahkan pilih custom domain atau domain kustom jika ingin mengubah alamat blog anda dengan akhiran yang lebih profesional seperti .com, .id, .net, atau yang lainnya.
  10. Jika semua pengaturan sudah dilakukan dan sudah sesuai dengan yang anda inginkan, silahkan pilih menu post atau postingan dan pilih ikon tambah untuk menambahkan postingan. Tulis judul postingan, isi postingan, lalu simpan untuk menyimpan ke dalam draf.
  11. Jika ingin postingan langsung tampil pada halaman depan blog, silahkan pilih publish atau mempublikasikan. Anda juga bisa melakukan improvisasi sesuai kemampuan anda saat membuat blog.

Platform blogger memang sangat tepat digunakan oleh para pemula seperti saya yang ingin membuat blog. Pengaturannya yang relatif mudah dan hampir semua fungsi dapat digunakan secara gratis merupakan beberapa kelebihan blogger dibandingkan platform sejenis lainnya.

Demikian tulisan kami tentang cara membuat blog dengan blogger. Semoga Bermanfaat.

LihatTutupKomentar
Cancel

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.