✓ Manfaat Guru Memiliki dan Mengelola Blog

Manfaat Guru Memiliki dan Mengelola Blog

Manfaat Guru Memiliki dan Mengelola Blog

Manfaat Guru Memiliki Blog - Jadi guru itu harus terbuka dengan hal-hal yang baru. Apalagi jika hal tersebut positif dan dapat memberi manfaat baik dalam profesi maupun secara pribadi.

Dizaman internet yang makin cepat sekarang ini, maka tidak salah jika banyak guru telah terjun ke dunia blog. Bukan cuma sebagai pembaca, tapi malah sebagai pemilik, penulis, sekaligus pengelola.

Lalu sebenarnya apa sih manfaat guru memiliki blog hingga banyak guru yang mulai ngeblog? Nah, sebagai tulisan pertama pada blog ini akan coba saya sampaikan beberapa manfaat jika guru memiliki blog yang menjadi alasan saya membuat blog ini yang telah saya rangkumkan dari berbagai sumber.

Manfaat Guru Memiliki Dan Mengelola Blog

Meningkatkan Kemampuan Literasi

Jika guru memiliki blog dan serius untuk mengelolanya, maka ia akan rajin membuat tulisan untuk blognya. Tulisan yang dibuat awalnya mungkin biasa saja dan masih banyak terdapat kekurangan, namun lambat laun tulisannya akan makin berkembang dan makin baik seiring berjalannya waktu.

Agar mendapatkan ide untuk tulisannya, guru juga harus banyak membaca dan mencari referensi. Refensi juga diperlukan untuk menambah kedalaman dan keluasan tulisan yang hendak dibuat.

Dengan banyak membaca dan menulis untuk blognya, maka dapat secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan kemampuan literasi guru. Kemampuan literasi ini tentu akan sangat berguna bagi guru untuk menunjang kinerjanya. 

Terlebih lagi, kemampuan literasi pelajar Indonesia terbilang rendah dan pemerintah saat ini sedang giat mendorong sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi para siswanya. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk meningkatkan kemampuan literasinya sendiri sebelum mulai meningkatkan kemampuan literasi siswanya.

Berbagi Opini dan Gagasan

Blog bisa dijadikan sebagai sebuah ruang diskusi yang penuh dengan opini dan gagasan. Guru dapat menuangkan opini dan gagasan melalui tulisan dalam blognya terhadap berbagai masalah dalam kehidupan yang dapat diakses dengan mudah oleh orang lain.

Guru juga dapat meminta opini maupun gagasan orang lain terhadap suatu permasalahan. Saling berbagi opini dan gagasan ini tentu sejalan dengan salah satu prinsip bangsa Indonesia yang senang bermusyawarah.

Opini dan gagasan yang dituangkan guru dalam blognya dapat bersumber dari masalah pekerjaan maupun masalah lainnya. Hal ini tentu menjadi sebuah kebebasan karena tulisan dalam blog biasanya memang dibuat berdasarkan minat dari penulisnya.

Berkaitan dengan masalah perkerjaan, guru dapat memberikan opini dan gagasannya tentang berbagai tips belajar dan mengajar, isu-isu pendidikan, perubahan kurikulum dan peraturan, dan lain-lain. Meskipun guru dapat menuangkan berbagai opini dan gagasan dalam blognya, tetap perlu diperhatikan juga tentang berbagai etika dalam beropini. 

Opini dan gagasan yang disampaikan harus dapat dipertanggungjawabkan dan yang paling penting tidak bertentangan dengan berbagai aturan yang berlaku.

Melatih Disiplin Dan Berinovasi

Dalam profesi apapun, disiplin dan inovasi memang sangat diperlukan. Terlebih lagi dalam profesi guru yang memang bertanggung jawab membekali berbagai karakter dan kompetensi bagi siswa.

Jika memiliki blog, guru diharuskan disiplin menulis untuk blognya. Tulisan yang dibuat bisa dalam periode harian, mingguan, atau kapanpun guru menghendakinya. Tampilan blog dan tulisan yang dimuat dalam blog juga harus unik untuk menarik minat pengunjung sehingga guru harus melakukan berbagai upaya untuk membuat tampilan blog dan tulisan yang unik.

Sikap disiplin dan kemampuan melakukan berbagai upaya inovasi untuk mengelola blog semakin berjalannya waktu tentu akan semakin meningkat. Sikap dan kemampuan ini, jika mampu diterapkan oleh guru dalam pekerjannya, akan mampu menjadi sebuah karakter yang akhirnya akan dapat menunjang kinerja guru.

Menambah Konten Bermanfaat

Internet sekarang ini bagaikan sebuah lautan yang penuh dengan ikan yang bermanfaat, namun juga penuh sampah yang merusak lingkungan. Internet memuat banyak hal baik nan positif, sekaligus hal buruk bahkan cenderung berbahaya.

Hal ini terlihat ketika internet dapat menjadi salah satu sumber informasi dan pengetahuan baru yang luas, namun pada saat yang sama banyak sekali berita bohong, ujaran kebencian, pornografi, perjudian, dan aktivitas moral yang tidak baik lainnya. Dengan mengelola sebuah blog, dan menuangkan berbagai tulisan yang bermuatan positif, maka guru ikut berperan menambah konten bermanfaat di internet.

Guru dapat menyajikan artikel, berita, hingga materi pembelajaran yang relevan dengan tugasnya sebagai pendidik. Guru juga dapat memberikan edukasi kepada para pengunjung blognya terhadap suatu isu maupun hoaks yang tengah beredar di masyarakat.

Peluang Usaha Untuk Menambah Penghasilan

Jika guru telah mampu mengelola blognya dan blog telah berkembang sehingga memiliki reputasi yang baik, maka dapat menjadi peluang usaha baru untuk sekedar menambah penghasilan. Penghasilan dari blog biasanya didapatkan melalui pemasangan iklan, ulasan produk berbayar, maupun jualan produk fisik dan digital.

Terlepas dari berbagai manfaat yang akan didapatkan guru yang memiliki blog, maka diperlukan suatu konsistensi dan kesungguhan dalam mengelola blog sebelum mendapatkan berbagai manfaat yang telah saya sebutkan di atas. 

Demikian tulisan kami tentang manfaat guru memiliki blog, semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar
Cancel

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.