✓ Tips Belajar Efektif Dan Efisien

Tips Belajar Efektif Dan Efisien

Tips Belajar Efektif Dan Efisien

Tips Belajar Efektif Dan Efisien - Kemampuan belajar merupakan salah satu kemampuan hidup yang penting dimiliki, terutama oleh pelajar. Hal ini karena salah satu tugas utama pelajar di rumah maupun di sekolah adalah belajar.

Banyak pelajar yang merasa dirinya sudah belajar, namun ternyata belum mendapat hasil belajar yang diinginkan. Perlu dipahami bahwa agar dapat belajar dengan baik dan mendapat hasil belajar yang baik, perlu dilakukan usaha terus menerus. 

Lalu usaha apa yang diperlukan agar dapat belajar dengan baik, dan mendapat hasil belajar yang baik? Pada tulisan kali ini, saya akan sampikan beberapa tips belajar yang baik agar mendapat hasil maksimal.

Tips Belajar Efektif Dan Efisien

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri dalam belajar penting ditumbuhkan guna memberikan dorongan dan semangat belajar. Tumbuhkan rasa dalam diri pelajar bahwa semua orang memiliki potensi belajar yang berbeda namun memiliki kesempatan yang sama.

Ada pelajar yang cepat menerima materi matematika dan lambat dalam materi lainnya. Ada juga pelajar yang cepat menerima materi Bahasa Indonesia namun lambat dalam materi lainnya. 

Jadi jika ada pelajar yang lambat dalam suatu materi belajar, mungkin saja ia akan lebih cepat dalam materi lain. Hingga perlu dilakukan pengulangan terhadap materi belajar yang dirasa lambat untuk dipahami.

Rutin Dan Berkualitas

Belajar dilakukan di rumah dan di sekolah. Belajar setiap hari dengan fokus selama satu jam lebih baik dibandingkan belajar seminggu sekali selama empat jam tanpa fokus. Hal ini berlaku untuk proses belajar di rumah tentunya, karena proses belajar di sekolah memiliki ketentuan tersendiri.

Agar dapat belajar secara rutin dan berkualitas, perlu dilakukan pembiasaan terus menerus. Ini karena tidak ada usaha singkat dengan hasil yang maksimal.

Mulailah kebiasaan belajar dengan menentukan jam belajar di rumah. Beberapa pendapat mengatakan bahwa pagi hari setelah bangun tidur merupakan waktu yang baik untuk belajar. 

Alasannya karena setelah bangun tidur tubuh dan pikiran akan terasa segar. Hal ini dipercaya dapat membuat pemahaman materi belajar menjadi lebih baik. Namun jika ingin belajar pagi hari setelah bangun tidur, perlu tidur lebih awal agar bisa bangun lebih awal pula.

Lakukan belajar dengan fokus tanpa gangguan agar hasil belajar lebih maksimal. Jika belajar menggunakan materi belajar dari smartphone dan internet, jangan sambil membuka atau membalas pesan. Belajarlah dengan posisi dan tempat yang nyaman. 

Bekerja Sama Dengan Semuanya

Kerjasama diperlukan dalam proses belajar. Bekerja sama dengan guru dan teman bisa dilakukan saat belajar di sekolah. Saat belajar di rumah, mintalah untuk bekerja sama kepada orang tua atau saudara di rumah.

Saat belajar di sekolah, mintalah penjelasan pada guru jika ada hal yang belum dipahami. Teman juga bisa diajak sebagai teman diskusi jika menemukan masalah atau kesulitan.

Ketika belajar di rumah jangan ragu untuk meminta bantuan pada orang tua atau saudara jika ada materi yang belum dipahami. Namun jangan meminta mereka untuk mengerjakan jika ada tugas. 

Meskipun salah, mengerjakan tugas dengan hasil sendiri tentu lebih baik. Karena dengan begitu, anda akan tahu letak kesalahan dan memperbaikinya.

Memohon Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa

Setelah belajar dengan penuh percaya diri, rutin, fokus, dan berkerja sama, lengkapilah usaha tersebut dengan berdoa pada Tuhan yang maha esa. Ini karena sebagai mahkluk tuhan kita hanya dapat berusaha semampunya, namun Tuhanlah yang akan menentukan hasil yang terbaik.

Jadi jika ingin mendapatkan hasil belajar yang baik, proses belajar saja belum cuku, namun harus dibarengi dengan pula dengan berdoa dan memasrahkan hasilnya kepada Tuhan yang maha esa. 

Demikian tulisan kami tentang tips belajar efektif dan efisien. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar
Cancel

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.