✓ Cara Membuat Website Sekolah

Cara Membuat Website Sekolah

Cara Membuat Website Sekolah

Cara Membuat Website Sekolah - Jika anda telah membaca tulisan saya tentang manfaat website resmi sekolah, anda akan menemukan bahwa saya menyarankan sekolah untuk memiliki website. Terlepas dari kesulitan dalam pembuatan dan pengelolaannya, website memang bermanfaat untuk menunjang tugas dan fungi sekolah sebagai lembaga pelayanan publik.

Sekolah yang berminat membuat website dapat membuatnya sendiri karena pembuatannya relatif mudah. Namun jika merasa kesulitan, banyak jasa pembuatan website sekolah yang dapat digunakan dengan biaya yang bervariasi.

Lalu bagaimana cara pembuatan website sekolah? Jika sekolah ingin membuat website baik melalui jasa pembuatan website maupun membuat sendiri perlu memahami beberapa hal tentang website sekolah berikut ini.

Cara Membuat Website Sekolah

Menyiapkan Biaya Pembuatan

Biaya diperlukan untuk sewa domain dan hosting jika menggunakan wordpress atau sewa domain saja jika menggunakan blogger. Biaya tersebut tentu diluar dari biaya jasa pembuatan.

Biaya sewa domain dibayarkan untuk masa sewa tahunan. Sedangkan periode hosting biasanya lebih bervariasi antara satu bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga tahunan.

Jika menggunakan jasa pembuatan website sekolah, biaya yang diperlukan biasanya di atas satu jutaan. Namun jika membuat sendiri biaya yang dihabiskan dapat lebih ringan, bahkan dengan tiga ratus ribuan pun sudah dapat memiliki website sekolah yang berfungi dengan baik.

Memilih Platform Website Sekolah

Pemilihan platform website berkaitan dengan biaya pembuatan. Jika biaya yang dimiliki terbatas maka blogger adalah pilihan yang tepat untuk membuat website. Namun jika tidak ada keterbatasan biaya, maka wordpress adalah pilihan yang lebih baik.

Saya sendiri menyarankan untuk menggunakan wordpress sebagai platform pembuat website sekolah. Hal ini karena kemudahan dalam mengelola serta banyaknya fungsi tambahan yang tersedia untuk mengoptimalkan fungsi web. 

Baik blogger maupun wordpress keduanya sudah dapat digunakan untuk membuat website dengan fungsi yang lengkap. Keduanya pun sama sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Menentukan Domain Dan Hosting Untuk Website Sekolah

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, domain dan hosting diperlukan dalam pembuatan website sekolah menggunakan wordpress. Namun jika menggunakan blogger, maka cukup dengan domain saja anda sudah bisa membuat website sekolah.

Secara sederhana, domain adalah alamat website dan hosting adalah tempat penyimpanan file website. Seperti sebuah aplikasi pada komputer yang memerlukan tempat penyimpanan. Website juga memerlukan hosting untuk menyimpan file di dalamnya.

Domain website sekolah Indonesia menggunakan akhiran .sch.id sebagai nama domainnya karena ini merupakan nama domain resmi Indonesia untuk lembaga pendidikan sekolah. Beberapa dokumen diperlukan untuk pendaftaran domain .sch.id diantaranya KTP dan surat permohonan penggunaan nama domain. 

Terdapat banyak penyedia layanan domain dan hosting dengan berbagai variasi harga dan promosinya. Sekolah dapat menentukan penyedia layanan domain dan hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah.

Membuat Isi Website Sekolah

Setelah memiliki domain dan hosting maka langkah selanjutnya adalah menginstal wordpress ke dalam hosting dan mulai mengelola website. Jika menggunakan blogger dan domain saja, biasanya membutuhkan waktu 24 jam agar website dapat diakses.

Website sekolah umumnya menampilkan berbagai informasi antara lain: alamat sekolah, visi & misi, sarana & prasarana, kegiatan sekolah, dan keadaan guru & siswa yang ditampilkan dalam beberapa halaman. Website sekolah juga biasanya menampilkan tulisan, hasil karya, ataupun pengumuman dan agenda yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan di sekolah yang ditampilkan dalam bentuk postingan.

Jika hosting yang dipilih memadai maka dapat juga ditambahkan fitur PPDB, dan pembelajaran daring lengkap dengan ujian secara daring pula. Namun untuk menambahkan fitur PPDB dan pembelajaran daring biasanya membutuhkan kemampuan hosting yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih mahal.

Demikian tulisan mengenai cara membuat website sekolah. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar
Cancel

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.