✓ Kulit Sensitif Pada Anak, Penyebab, Gejala dan Perawatannya

Kulit Sensitif Pada Anak, Penyebab, Gejala dan Perawatannya

Kulit Sensitif Pada Anak, Penyebab, Gejala dan Perawatannya

Kulit Sensitif Pada Anak, Penyebab, Gejala dan Perawatannya - Usia anak-anak merupakan masa yang sangat penting dalam tahap perkembangan seseorang. Pada usia ini, fungsi tubuh belum berkembang dengan sempurna sehingga perlu perawatan khusus agar tidak terjadi masalah yang dapat menghambat perkembangan. Salah satu upaya perawatan yang bisa dilakukan adalah dalam hal perawatan kulit, terutama jika anak memiliki kulit sensitif.

Kulit Sensitif Pada Anak, Penyebab, Gejala dan Perawatannya

Penyebab Kulit Sensitif Pada Anak

Pada tulisan kali ini, saya akan membagikan informasi tentang kulit sensitif pada anak, penyebab, gejala, dan cara merawatnya. Terdapat beberapa penyebab kulit anak cenderung lebih sensitif yaitu:

  • faktor pelembab alami pada kulit anak masih rendah,
  • lapisan kulit anak lebih tipis dari pada kulit orang dewasa, 
  • cepat menyerap air namun cepat juga kehilangan air, 
  • bagian yang berfungsi mengatur minyak alami kulit belum sepenuhnya berfungsi sehingga menyebabkan kulit anak jadi lebih mudah kering.

Gejala Kulit Sensitif Pada Anak

Para orang tua khususnya para ibu harus mengenali gejala kulit sensitif agar tepat dalam melakukan penanganan sehingga tidak semakin parah. Beberapa gejala kulit sensitif yaitu: 

  • jerawat, 
  • ruam, 
  • bisul, 
  • kulit kering, 
  • eksim, dan 
  • biang keringat.

Jerawat pada anak biasanya muncul karena pengaruh hormon androgen ibu saat melahirkan. Ruam terutama ruam popok, dapat terjadi karena peradangan kulit akibat terkena kotoran atau urin. 

Bisul merupakan rasa nyeri yang mengganggu pada kulit akibat infeksi bakteri. Kulit kering pada anak karena bagian kulit yang berfungsi mengatur minyak alami belum berfungsi sepenuhnya. 

Eksim biasanya karena alergi baik terhadap makanan berupa gandum dan susu, atau alergi oleh bulu hewan dan produk detergen. Biang keringat biasanya muncul pada area lipatan tubuh anak tempat keringat menumpuk.

Perawatan Kulit Sensitif Pada Anak

Jika anak anda mengalami gejala kulit sensitif, lakukan  cara-cara berikut ini untuk merawatnya agar tidak bertambah parah.

Menjaga Kebersihan Kulit

Pada minggu-minggu awal kehidupannya, anda tidak perlu memandikan buah hati anda terlalu sering. Cukup mandikan sekali dalam sehari, atau bahkan sekali dalam dua hari jika anak anda mengalami gejala kulit sensitif. 

Mandikan anak anda menggunakan air hangat dan sabun khusus anak selama kurang dari 10 menit, karena jika lebih dari 10 menit akan membuat kulitnya semakin kering. Jangan lupa untuk menggunakan kain yang halus untuk membersihkannya.

Gunakan Pelembab

Setelah anak mandi, minyak alami kulit akan terangkat bersama kotoran. Hal ini dapat menyebabkan kulit anak menjadi kering. 

Oleh karena itu, gunakan pelembab pada seluruh kulit anak setelah mandi. Gunakan pelembab berbentuk krim karena dapat lebih lama menahan air dan menjaga kelembaban kulit.

Rutin Mengganti Popok

Jika buah hati mengalami ruam popok, maka anda harus rutin mengganti popoknya. Upayakan untuk menggunakan popok dengan bahan yang lembut. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan menggunakan tisu basah bebas pewangi.

Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat, tidak terlalu tebal atau berlapis, tidak terlalu ketat, dan dapat menghindarkan anak anda dari kepanasan.

Pilih Produk Perawatan yang Aman untuk Kulit Anak

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa kulit anak berbeda dengan kulit orang dewasa. Oleh karena itu, produk perawatan kulitnya pun juga berbeda. Pilihlah produk perawatan hypoallergenic yang aman untuk kulit anak anda. Salah satu produk yang dapat anda pilih adalah Ms Glow Kids

Produk perawatan Ms Glow kids adalah salah satu lini produk dari MS GLOW (www.msglowid.com) yang merupakan salah satu perusahaan besar kecantikan Indonesia. Ms Glow Kids terdiri dari perawatan kulit, rambut dan juga nutrisi vitamin yang menghadirkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau untuk memastikan kesehatan buah hati anda. 

Berikut adalah tiga komitmen utama Ms Glow Kids pada setiap produk perawatannya.

  • Made with Love: mengutamakan keamanan bahan untuk perawatan anak anda sehingga dapat menunjang tumbuh kembang anak.
  • Clean Formula: mengandung formula yang aman dengan komposisi baham alami yang cocok untuk kulit sensitif pada anak.
  • Hypoallergenic: tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi dan iritasi. 

Produk-produk Perawatan Kulit MS Glow Kids:

  • Baby Mild Shampoo (BPOM NA18201000788): mengandung Royal jelly & Collagen yang dapat membantu melindungi dari pancaran sinar UV, melebatkan dan melembutkan rambut, tidak pedih pada mata, dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Bubble wash (BPOM NA18200700870): mengandung Avocado Oil & Royal Jelly yang dapat membantu melindungi dari pancaran sinar UV, melembabkan dan melembutkan kulit, tidak pedih pada mata, dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Daily baby Cream (BPOM NA18200104342): mengandung Aloe vera, Shea Butter & Avocado oil yang dapat membantu melindungi dari pancaran sinar UV, melmbutkan dan melembabkan kulit, melindungi dari kulit kering dan mencegah iritasi.

Cara pembeliannya dapat menghubungi customer service pada: BIO IG @msglowKids (+62-822-9933-9898),  Website MSGLOW KIDS: mskids.co.id, Website MSGLOW: msglowid.com.

Merawat kulit sensitif pada anak memang tidaklah mudah. Anda dapat melakukan cara-cara tersebut untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit anak anda dari iritasi. 

Demikian informasi tentang kulit sensitif pada anak, penyebab, gejala dan perawatannya. Semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar
Cancel

Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.