Permendikbud Tentang Kurikulum 2013 Terbaru

Permendikbud Tentang Kurikulum 2013 Terbaru

Permendikbud Tentang Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang tengah berlaku di Indonesia. Sejak awal berlakunya pada tahun 2013 pada masa pemerintahan presiden SBY, kurikulum ini telah beberapa kali mengalami revisi yaitu pada tahun 2016 dan 2018 pada masa pemerintahan presiden Jokowi.

Penerapan kurikulum ini sendiri di atur melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan. Terdapat beberapa peraturan dalam kurikulum 2013 yang diantaranya yaitu permendikbud no 20, 21, 22 dan 23 tahun 2016, serta permendikbud no 37 tahun 2018.

Sebagai guru sudah semestinya mengetahui peraturan dalam kurikulum 2013 ini karena dengan mengetahui peraturan, maka guru dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik. Guru juga perlu mengetahui tips belajar efektif dan efisien agar dapat membantu siswa nya untuk belajar efektif dan efisien.

Lalu bagaimanakah peraturan menteri yang terkait dengan kurikulum 2013? Pada tulisan kali ini saya akan berbagi mengenai permendikbud yang terkait dengan penerapan kurikulum 2013.

Permendikbud Tentang Kurikulum 2013 Terbaru

Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan

Permendikbud tentang kurikulum 2013 ini dibuat untuk menggantikan Permendikbud No. 54 tahun 2013 yang berlaku sebelumnya. Dokumen ini berisi tentang berbagai standar kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik sekolah dasar dan menengah selama mengikuti pembelajaran di sekolah.

Kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik sendiri terdiri dari tiga ranah yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi sikap dikembangkan dalam sikap spiritual yaitu hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, dan sikap sosial yaitu hubungan dengan sesama manusia.

Kompetensi pengetahuan dikembangkan dalam tiga tahap yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan meta kognitif. Kompetensi keterampilan sendiri mengharuskan peserta didik untuk dapat berpikir dan bertindak kreatif, kritis, dan produktif baik secara mandiri maupun komunikatif dan kolaboratif.

Permendikbud No. 20 Tahun 2016 (Download)

Permendikbud No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi

Permendikbud tentang kurikulum 2013 revisi ini dibuat guna menggantikan Permendikbud No. 64 tahun 2013 yang berlaku sebelumnya. Dokumen ini merupakan penjabaran atas kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik yang termuat dalam Permendikbud No. 20 tahun 2016.

Adapun beberapa hal yang dijabarkan dalam dokumen ini meliputi uraian kompetensi dan ruang lingkup materi setiap muatan pelajaran untuk setiap jenjang pendidikan.

Permendikbud No. 21 Tahun 2016 (Download)

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses

Permendibud No. 65 tahun 2013 merupakan Permendikbud kurikulum 2013 yang berlaku sebelum digantikan oleh Permendikbud ini. Dokumen ini sendiri menjabarkan berbagai hal terkait pembelajaran yang meliputi karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, penilaian proses dan hasil pembelajaran, serta pengawasan proses pembelajaran.

Dokumen ini juga menjelaskan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Setidaknya ada 14 poin yang termasuk dalam prinsip pembelajaran yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh prinsip pembelajaran menekankan pada pembelajaran yang dinamis yang mengutamakan berbagai variasi untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 (Download)

Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian

Permendikbud ini merupakan pengganti Permendikbud No. 104 tahun 2014 yang berlaku sebelumnya. Sebagai Permendikbud kurikulum 2013 yang mengatur standar penilaian, Permendikbud ini berisi penjabaran yang komprehensif tentang lingkup, tujuan, prinsip, bentuk, mekanisme, prosedur, hingga instrumen penilaian.

Secara sederhana, penilaian dilakukan untuk mengukur tingkat penguasaan peserta didik terhadap suatu kompetensi baik dalam ranah sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Hasil penilaian sendiri selanjutnya dapat digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pembelajaran yang dilakukan oleh guru, maupun program pendidikan yang dilakukan oleh sekolah dan pemerintah.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016 (Download)

Permendikbud No. 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar

Sebagai pengganti Permendikbud No. 24 tahun 2016, Permendikbud kurikulum 2013 ini mengatur tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Dokumen Permendikbud ini menjabarkan berbagai tingkatan kompetensi sesuai tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah pada setiap muatan pelajaran.

Berbeda dengan kompetensi dalam standar isi yang masih bersifat umum, kompetensi dalam dokumen Permendikbud Kurikulum 2013 ini lebih bersifat spesifik. Bahkan berbagai kompetensi dasar itulah yang semestinya disampaikan pada setiap pembelajaran di kelas. Penilaian yang dilakukan pun sudah seharusnya mengacu pada kompetensi-kompetensi dasar tersebut.

Permendikbud No. 37 Tahun 2018 (Download)

Mengingat pentingnya tugas guru sebagai ujung tombak pendidikan di Indonesia, sudah semestinya seorang guru memahami atau paling tidak mengetahui berbagai peraturan sebelum melaksanakan pembelajaran. Kepala sekolah juga sudah sepantasnya memahami berbagai peraturan karena tanggung jawab kepala sekolah adalah sebagai pengambil kebijakan di sekolah.

Memahami berbagai aturan terkait Permendikbud kurikulum 2013 merupakan langkah pertama untuk menciptakan pendidikan yang ideal sesuai harapan dan tujuan pendidikan nasional. Demikian tulisan tentang permendikbud kurikulum 2013 revisi terbaru. Silahkan bagikan tulisan ini jika dirasa bermanfaat. Baca juga tulisan saya yang lainnya.

Referensi:

  • Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  • Permendikbud No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi.
  • Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.
  • Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
  • Permendikbud No. 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar.
Tinggalkan Komentar
Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.
Pastikan anda mencentang "beri tahu saya" atau "notify me" untuk mendapat pemberitahuan jika komentar anda sudah ditanggapi.