Aturan Pakaian Dinas ASN Kabupaten Lampung Selatan

Pakaian Dinas ASN Lampung Selatan

Pakaian Dinas ASN Lampung Selatan - Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 2 Desember 2021, Bupati Lampung Selatan mengeluarkan surat edaran nomor 28 Tahun 2021 tentang pakaian dinas ASN di lingkungan Kabupaten Lampung Selatan.

Surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran Gubernur Provinsi Lampung nomor 045.2/3672/07/2021 tentang penyesuaian penggunaan pakaian dinas pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung yang tertanggal 3 November 2021.

Berdasarkan surat edaran tersebut, terdapat beberapa perubahan dari aturan sebelumnya yang perlu diperhatikan terkait pakaian dinas ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Berikut ini adalah aturan-aturannya.

Jadwal Penggunaan Pakaian Dinas ASN

Perubahan aturan yang pertama adalah terkait jadwal penggunaan pakaian dinas. Pada aturan sebelumnya, ASN wajib menggunakan pakaian kuning khaki pada hari Senin dan Selasa, pakaian putih hitam pada hari Rabu, batik Lampung pada hari Kamis dan batik nasional pada hari Jumat.

Pada aturan pakaian dinas ASN terbaru, ASN wajib menggunakan pakaian dinas kuning khaki pada hari Senin dan Selasa, pakaian putih hitam pada hari Rabu dan Kamis, dan batik Lampung pada hari Jumat. Perangkat daerah yang menggunakan pakaian dinas khusus, hanya dikenakan setiap hari Selasa.

Lalu bagaimana dengan ASN guru yang memiliki 6 hari kerja? Mengingat aturan tersebut di atas hanya mengatur penggunaan pakaian dinas mulai hari Senin hingga Jumat.

Bagi ASN guru dengan 6 hari kerja, maka pakaian dinas yang digunakan pada hari Sabtu disesuaikan dengan kebutuhan dan ketentuan sekolah atau bisa juga menggunakan pakaian batik Lampung ataupun batik Nasional.

Penggunaan Atribut dan Tanda Jabatan

Selain mengatur jadwal penggunaan pakaian dinas ASN, surat edaran Bupati Lampung Selatan nomor 28 tahun 2021 juga mengatur tentang penggunaan atribut dan tanda jabatan. Atribut tetap digunakan sesuai ketentuan sedangkan tanda jabatan untuk eselon III dan IV ditiadakan kecuali Camat dan Lurah.

Bagi Satpol PP, dinas pemadam kebakaran dan dinas perhubungan, atribut dan tanda jabatan tetap berpedoman pada Perbup nomor 8 tahun 2017 tentang pakaian dinas ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Perbup Lampung Selatan nomor 8 tahun 2017 Tentang Pakaian Dinas ASN

Selain hal-hal yang telah diatur dalam surat edaran Bupati Lampung Selatan nomor 28 tahun 2021 tentang pakaian dinas ASN di lingkungan Kabupaten Lampung Selatan, hal-hal yang belum diatur dalam surat edaran tersebut tetap berpedoman pada Perbup Lampung Selatan nomor 8 tahun 2017 tentang pakaian dinas ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Berikut akan saya sampaikan rangkuman beberapa ketentuan pakaian dinas ASN sesuai Perbup Lampung Selatan nomor 8 tahun 2017.

Pakaian Dinas Harian Kuning Khaki

Pakaian dinas harian kuning khaki bagi ASN pria adalah kemeja lengan pendek dimasukkan dengan celana panjang sesuai warna baju. Baju berkerah berdiri dilengkapi dua saku atas, tanda lokasi dan logo Kabupaten Lampung Selatan pada lengan kiri dimana tanda lokasi dipasang di atas logo Kabupaten Lampung Selatan.

Papan nama dengan dasar warna hitam, dimana huruf dan lis warna putih dipasang di atas saku baju sebelah kanan. Pin "Siger Lampung" dipasang di atas papan nama. ASN pria juga wajib menggunakan ikat pinggang KORPRI bahan nilon warna hitam, dengan sepatu tutup warna hitam pula.

Pakaian dinas harian kuning khaki bagi ASN wanita dan wanita muslimah adalah kemeja lengan panjang dikeluarkan dengan rok panjang sampai mata kaki sesuai warna baju. Baju berkerah berdiri dengan dua saku dibagian bawah.

Tanda lokasi dan logo Kabupaten Lampung Selatan sama dengan ASN pria yaitu dipasang pada lengan kiri dengan posisi tanda lokasi di atas logo Kabupaten Lampung Selatan. ASN wanita juga wajib memakai papan nama dan pin "Siger Lampung" yang ketentuannya sama dengan ASN pria, dilengkapi dengan sepatu tutup berhak warna hitam.

Pakaian Dinas ASN Kabupaten Lampung Selatan

Pakaian Dinas Harian Putih Hitam

Pakaian dinas harian putih hitam bagi ASN pria adalah kemeja putih lengan panjang dikeluarkan dengan celana panjang warna hitam/gelap. Baju berkerah berdiri dengan satu saku atas disebelah kiri.

Papan nama dan pin "Siger Lampung" dipasang pada bagian sebelah kanan seperti pada pakaian dinas kuning khaki sedangkan pada bagian kiri dipasang lencana KORPRI. Ikat pinggang dan sepatu juga mengikuti ketentuan pakaian dinas kuning khaki.

Pakaian dinas harian putih hitam bagi ASN wanita dan wanita muslimah adalah kemeja putih lengan panjang dikeluarkan dengan rok panjang sampai mata kaki warna hitam/gelap. Baju berkerah berdiri dengan satu saku atas di sebelah kiri.

Papan nama, pin "Siger Lampung" dan lencana KORPRI dipasang seperti ketentuan ASN pria yaitu papan nama dan pin "Siger Lampung" pada bagian kanan, dan lencana KORPRI pada bagian kiri dilengkapi dengan sepatu berhak warna hitam.

Pakaian Dinas ASN Kabupaten Lampung Selatan

Pakaian Dinas Harian Batik

Pakaian dinas harian batik Lampung bagi ASN pria dan wanita secara umum mengikuti ketentuan pakaian dinas putih hitam. Namun perbedaannya terletak pada baju yang dikenakan.

Baju batik bagi ASN pria adalah baju batik lengan panjang dengan motif batik Lampung. Sedangkan baju batik bagi ASN wanita dan ASN wanita muslimah adalah baju batik lengan panjang dengan motif batik Lampung

Pakaian Dinas ASN Kabupaten Lampung Selatan

Pakaian Dinas KORPRI

Selain pakaian dinas harian, terdapat ketentuan mengenai pakaian dinas KORPRI. Pakaian dinas KORPRI sendiri dipakai pada tanggal 17 setiap bulannya atau pada setiap peringatan tertentu. Ketentuan pakaian dinas KORPRI sendiri secara umum mengikuti ketentuan pakaian dinas putih hitam dan batik Lampung.

Pakaian dinas KORPRI bagi ASN pria adalah baju batik lengan panjang dengan motif batik KORPRI dilengkapi celana panjang warna biru dongker/gelap. Atribut dan kelengkapan lain mengikuti ketentuan pakaian dinas harian putih hitam.

Pakaian dinas KORPRI bagi ASN wanita dan ASN wanita muslimah adalah baju batik lengan panjang dengan motif batik KORPRI berkerah baju rebah dengan dilengkapi dua saku di bawah dengan rok panjang sampai mata kaki dengan warna biru dongker/gelap. Atribut dan kelengkapan lain mengikuti ketentuan pakaian dinas harian putih hitam.

Pakaian Dinas ASN Kabupaten Lampung Selatan

Berdasarkan penjelasan tentang aturan pakaian dinas ASN Kabupaten Lampung Selatan di atas, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  • Hari Senin dan Selasa pakaian dinas kuning khaki.
  • Hari Rabu dan Kamis pakaian dinas putih hitam.
  • Hari Jumat dan Sabtu pakaian dinas batik Lampung.
  • Menggunakan atribut sesuai ketentuan.
  • Tanda jabatan untuk eselon III dan IV ditiadakan kecuali Camat dan Lurah.
  • Pakaian dinas khusus dikenakan setiap hari selasa.
  • Hal-hal lain terkait penggunaan pakaian dinas berpedoman pada Perbup Lampung Selatan nomor 8 tahun 2017.

Demikian tulisan tentang aturan pakaian dinas ASN Kabupaten Lampung Selatan. Silahkan bagikan tulisan ini jika dirasa bermanfaat. Baca juga tulisan saya yang lainnya.

Referensi:

  • Surat Edaran Bupati Lampung Selatan Nomor 28 tahun 2021 tentang penggunaan pakaian dinas ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.
  • Peraturan Bupati Lampung Selatan nomor 8 tahun 2017 tentang pakaian dinas ASN di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Tinggalkan Komentar
Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.
Pastikan anda mencentang "beri tahu saya" atau "notify me" untuk mendapat pemberitahuan jika komentar anda sudah ditanggapi.