Pembagian Rapor Di Lampung Selatan Ditunda Hingga Januari

Pembagian Rapor Semester Ganjil Di Lampung Selatan Di Tunda

Pembagian Rapor Semester Ganjil Di Lampung Selatan Di Tunda - Pembelajaran semester ganjil tahun 2021/2022 hampir berakhir. Setelah melaksanakan Ujian semester ganjil, kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah pada masa normal adalah membagikan rapor peserta didik. 

Namun pada masa pembelajaran tatap muka terbatas saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, pembagian rapor terpaksa harus ditunda. Hal ini terkait dengan pemberlakuan PPKM yang dicanangkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona pada saat perayaan natal dan tahun baru 2022.

Lalu bagaimana kebijakan pembagian rapor semester ganjil tahun 2021? Untuk menjawab pertanyaan tersebut anda bisa melihat penjelasan berikut ini.

Pembagian Rapor Siswa Semester Ganjil di Lampung Selatan Dilaksanakan Pada Januari 2022

Mendekati akhir tahun 2021 dan berakhirnya pembelajaran semester ganjil tahun 2021/2022 menimbulkan kekhawatiran akan kembali melonjaknya kasus covid-19 di Indonesia. Hal inilah yang mendasari pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pemberlakuan PPKM dibeberapa daerah juga penundaan pembagian rapor hasil belajar siswa semester ganjil.

Di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung sendiri, pembagian rapor semester ganjil akan dilaksanakan pada bulan Januari 2022. Hal ini sesuai surat edaran Bupati Lampung Selatan No. 27 Tahun 2021 tentang perpanjangan PTM terbatas pada masa pandemi Covid-19 tertanggal 1 Desember 2021.

Selain menginstruksikan pembagian rapor pada bulan Januari 2022, surat edaran Bupati Lampung Selatan tersebut juga menginstruksikan beberapa hal terkait pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan seperti berikut ini.

Surat Edaran Bupati Lampung Selatan No. 27 Tahun 2021

Secara umum, surat edaran Bupati Lampung Selatan No. 27 tahun 2021 melanjutkan ketentuan pembelajaran tatap muka terbatas yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Hal-hal pokok seperti melaksanakan protokol kesehatan, jumlah maksimal peserta didik yang dapat belajar di sekolah dalam 1 hari, dan alokasi waktu pembelajaran tetap mengikuti ketentuan sebelumnya.

Bagi tingkat sekolah dasar sendiri misalnya, jumlah peserta didik yang dapat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas adalah maksimal 50% atau 18 orang siswa. Alokasi waktu untuk satu hari pembelajaran adalah 180 menit tanpa istirahat. Baik guru maupun peserta didik juga tetap wajib memakai masker dan menjaga jarak selama melakukan pembelajaran di kelas.

Adapun ketentuan tambahan dalam surat edaran Bupati Lampung Selatan No. 27 tahun 2021 adalah:

  • Pembagian rapor semester ganjil pada bulan Januari 2022.
  • Tidak meliburkan secara khusus pada periode libur Natal dan tahun baru.
  • Meniadakan seni budaya dan olahraga dilingkungan sekolah pada tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.
  • Melakukan rekayasa dan antisipasi aktivitas pedagang kaki lima yang ada di lingkungan sekolah agar tetap dapat menjaga jarak.
  • Hal-hal teknis terkait pelaksanaan pembelajaran akan diatur lebih lanjut dengan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan Pembelajaran Sebelum Rapor Dibagikan

Berubahnya waktu pembagian rapor semester ganjil mungkin  membuat para peserta didik, orang tua, guru, atau bahkan kepala sekolah bertanya-tanya kegiatan apa yang akan dilakukan setelah ujian akhir semester ganjil selesai dilaksanakan. Meskipun dari pihak dinas pendidikan sendiri belum memberikan ketentuan lebih lanjut, namun kegiatan pembelajaran yang mungkin dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran dengan materi pelajaran pada semester genap.

Hal tersebut guna mengantisipasi bergesernya waktu libur akhir semester ganjil yang mungkin akan dimulai setelah pembagian rapor pada bulan Januari 2022. Jadi para guru dan peserta didik SD kelas 1 sampai 3 dapat melanjutkan pembelajaran tema 5, sedangkan guru dan peserta didik SD kelas 4 sampai 6 dapat melanjutkan materi pembelajaran tema 6.

Jika memang demikian ketentuan yang telah dibuat pemerintah, maka pihak sekolah harus dapat mengkomunikasikan kepada para orang tua peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan lancar tanpa ada halangan yang berarti. Pihak sekolah, peserta didik, dan orang tua harus tetap melakukan kerja sama yang baik agar dapat membantu upaya pemerintah untuk mengurangi dampak penyebaran virus covid-19.

Demikian tulisan tentang pembagian rapor semester ganjil di Kabupaten Lampung Selatan ditunda. Silahkan bagikan tulisan ini jika bermanfaat. Baca juga tulisan saya yang lainnya.

Referensi: 

  • Surat Edaran Bupati Lampung Selatan tentang perpanjangan masa uji coba pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan (Unduh).


Tinggalkan Komentar
Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.
Pastikan anda mencentang "beri tahu saya" atau "notify me" untuk mendapat pemberitahuan jika komentar anda sudah ditanggapi.