Cara Mendaftar Anggota IGI Secara Online

Daftar IGI Online

Mendaftar Anggota IGI - Pada tulisan saya tentang Kenaikan Pangkat Guru PNS, salah satu unsur dalam penilaian angka kredit adalah unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan dan penunjang tugas guru seperti mengikuti organisasi profesi. Nah, untuk memenuhi kedua unsur tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjadi anggota IGI (Ikatan Guru Indonesia).

IGI sendiri merupakan organisasi profesi yang bergerak dalam bidang pendidikan dengan motto sharing and growing together (berbagi dan tumbuh bersama). Sesuai motto nya, IGI sangat peduli dengan pengembangan kompetensi guru dengan berbagai program yang diusungnya.

Lalu bagaimana cara mengikuti berbagai pelatihan dari IGI? Cara yang paling mudah adalah dengan bergabung bersama IGI dan mengikuti informasi resminya. Bagi anda para guru yang berminat menjadi anggota IGI maka silahkan baca tulisan ini sampai akhir.

Cara Mendaftar Anggota IGI Secara Online

Sekilas Tentang IGI

Dalam website resminya, IGI didirikan sejak tahun 2000. Namun baru pada tahun 2009, IGI menjadi organisasi resmi yang berbadan hukum.

Dengan visi “Menjadi Organisasi Profesi Guru yang mandiri, profesional, Inklusif, berwawasan global, dan mencerdaskan", saat ini IGI sudah memiliki 60 lebih kanal pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru. Beberapa kanal pelatihan yang sering digelar antara lain: sagusanov, sagusablog, sagusavi, sagusamik dan sagusaku.

Sejak pertama kali disahkan hingga sekarang, IGI terus melakukan kontribusi dengan tetap memberikan berbagai pelatihan bagi guru untuk peningkatan kompetensi baik kepribadian, paedagogik, profesional maupun kompetensi sosial.

Keuntungan Menjadi Member IGI

Ketika melakukan sesuatu, maka perlu dipertimbangkan berbagai konsekuensi yang akan didapatkan. Begitu juga ketika anda para guru jika ingin menjadi anggota IGI.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjadi member IGI:

  • Dapat mengikuti berbagai pelatihan IGI dengan biaya yang terjangkau bahkan gratis, yang dapat digunakan untuk peningkatan kompetensi sekaligus keperluan syarat kenaikan pangkat bagi guru PNS.
  • Bisa mengirim surat yang ditujukan langsung kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui fitur yang disediakan pada website IGI jika anda mendaftar anggota resmi IGI.
  • Mendapat potongan harga saat berbelanja di toko resmi IGI.
  • Dapat menambah jejaring sosial dan komunikasi dengan sesama guru dari berbagai daerah di Indonesia melalui grup resmi IGI pada aplikasi telegram. Berbagai informasi terkait pelatihan dan informasi terbaru tentang dunia pendidikan juga sering dibahas dalam grup telegram ini.

Alur Pendaftaran Anggota Baru IGI

Cara Mendaftar Anggota IGI Secara Online


Pada dasarnya, pendaftaran IGI dapat dilakukan secara offline melalui pengurus wilayah masing-masing, maupun secara online. Gambar di atas merupakan bagan alur pendaftaran anggota baru IGI yang dilakukan secara online.

Untuk melakukan pendaftaran secara offline, maka silahkan hubungi pengurus IGI wilayah. Jika anda ingin melakukan pendaftaran IGI secara online, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Mendaftar Anggota IGI Secara Online

  1. Silahkan kunjungi website http://anggota.igi.or.id melalui komputer atau ponsel pintar anda.
  2. Setelah terbuka, pilih menu pendaftaran.
  3. Lengkapi formulir pembuatan akun yang meliputi: email, password dan kode keamanan.
  4. Setelah berhasil membuat akun, silahkan login ke dalam akun anda dan pilih pendaftaran baru.
  5. Selanjutnya isikan data diri anda pada formulir pendaftaran yang meliputi: nama lengkap, instansi, alamat instansi, provinsi, kabupaten dan pekerjaan, lalu tekan simpan.
  6. Setelahnya akan ada formulir isian data diri dan instansi yang lebih lengkap, isikan data yang sebenarnya lalu simpan perubahan dan finalisasi pendaftaran.
  7. Setelah proses dilakukan dan berhasil,  makan akan muncul biaya pendaftaran anggota sebesar Rp50.000 untuk keperluan penerbitan KTA. Biaya ini juga cukup dilakukan sekali saat mendaftar dan keanggotaan IGI berlaku seumur hidup tanpa ada biaya tambahan.
  8. Lakukan transfer sesuai jumlah uang yang tertera ke nomor rekening yang tersedia. Jumlah uang yang harus ditransfer sudah termasuk kode unik untuk keperluan verifikasi.
  9. Jika anda sudah melakukan transfer, maka lakukan konfirmasi baik melalui website maupun SMS.
  10. Tunggu proses pengaktifkan anggota IGI dalam waktu 1x24 jam.
  11. Jika keanggotaan anda sudah aktif, silahkan login kembali untuk mencetak kartu anggota dan nomor anggota IGI.
  12. Untuk mencetak kartu anggota, atau melihat berbagai manfaat menjadi anggota IGI lainnya, silahkan masuk kembali, lalu kunjungi fasilitas anggota.
  13. Download KTA IGI anda lalu cetak.
Demikian informasi tentang pendaftaran anggota IGI secara online. Semoga bermanfaat bagi anda para guru yang ingin meningkatkan kompetensi sekaligus melengkapi persyaratan keperluan kenaikan pangkat.

Referensi:

https://www.igi.or.id/anggota

Tinggalkan Komentar
Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.
Pastikan anda mencentang "beri tahu saya" atau "notify me" untuk mendapat pemberitahuan jika komentar anda sudah ditanggapi.