Aplikasi Exam Browser Untuk Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Aplikasi Exam Browser Untuk Seleksi Akademik PPG

Aplikasi Safe Exam Browser Untuk PPG Tahun 2022 - Jadwal pelaksanaan seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2022 telah resmi dikeluarkan oleh Dirjen GTK. Berdasarkan jadwal tersebut, maka tidak lama lagi para guru akan melaksanakan pretes PPG yang akan dilaksanakan sesuai tempat tinggal masing-masing.

Terdapat beberapa hal yang harus disiapkan sebelum mengikuti seleksi akademik PPG dalam jabatan 2022. Salah satunya adalah memasang aplikasi Exam Browser. Tulisan ini akan memberikan informasi tentang penggunaan aplikasi Exam Browser untuk pretes PPG dalam jabatan 2022.

Perangkat Ujian Seleksi Akademik PPG dalam jabatan 2022

Sebelum mengikuti ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan 2022 anda perlu menyiapkan Laptop, Handphone, dan koneksi internet yang stabil. Untuk rincian spesifikasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Laptop
    • Memiliki layar minimal 10".
    • Menggunakan sistem operasi minimal windows 8 32 bit atau MacOS versi 10.
    • Memiliki RAM minimal 2GB.
    • Memiliki Hardisk minimal 10GB.
    • Audio yang berfungsi dengan baik.
    • Baterai dalam kondisi baik (dapat disiapkan charger).
  2. Handphone yang sudah terpasang aplikasi Zoom dan Whatsapp dengan ketentuan nama pada aplikasi Zoom harus sesuai dengan nama lengkap peserta.
  3. Koneksi internet stabil dengan kuota internet minimal 10GB. Jika memungkinkan, gunakan koneksi internet berbeda untuk Zoom dan aplikasi Exam Browser.

Aplikasi Exam Browser Untuk Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Setelah menyiapkan perangkat ujian yang diperlukan, sekarang saatnya memasang aplikasi Exam Browser untuk seleksi akademik PPG dalam jabatan. Silahkan unduh aplikasi Exam Browser khusus untuk pretes PPG dalam jabatan 2022 melalui tautan dibawah ini.

Aplikasi untuk sistem operasi Windows.

AplikasiMulai Seleksi

Aplikasi untuk sistem operasi MacOs.

AplikasiMulai Seleksi

Panduan Instalasi Aplikasi Exam Browser Untuk Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Sebelum memasang aplikasi Exam Browser, silahkan download file aplikasi dan mulai seleksi pada tautan di atas. Ikuti panduan di bawah ini untuk memasang aplikasi pada Laptop anda.
  1. Setelah terunduh, buka aplikasi dengan cara klik 2x pada aplikasinya.
  2. Jika muncul kotak User Account Control pilih "YES".
  3. Jika muncul kotak welcome to the instalshield wizard silahkan klik "NEXT".
  4. Selanjutnya klik pilihan "I accept the terms in the license agreement" lalu klik "NEXT".
  5. Selanjutnya klik "Install".
  6. Tunggu hingga proses intalasi selesai.
  7. Jika telah muncul kotak Instalshield wizard complete silahkan klik "FINISH".

Panduan Login Aplikasi Exam Browser Untuk Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Jika aplikasi Exam Browser telah terpasang pada Laptop anda, sekarang saatnya masuk ke dalam aplikasi. Untuk masuk/login aplikasi, silahkan ikuti panduan berikut ini.

  1. Pastikan anda telah mengunduh dan memasang aplikasi seleksi akademik PPG. Jika belum, maka silahkan unduh dan pasang aplikasi Exam Browser pada Laptop anda.
  2. Pilih file "mulai seleksi" yang telah anda unduh untuk membuka aplikasi yang telah terpasang di Laptop anda masukkan password "seleksi" pilih "OK".
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul layar awal aplikasi seleksi PPG dalam jabatan.
  4. Setelah terbuka, silahkan masukkan Nama Peserta Seleksi dan Kode Validasi yang tertera pada formulir peserta ujian. Pastikan anda telah mencetak formulir peserta sebelumnya.
  5. Pada tampilan layar selanjutnya, isikan kembali Nomor Peserta Ujian, Kode Validasi dan Kode Masuk yang akan disampaikan oleh pengawas setelah selesai proses verifikasi.
  6. Jika terjadi gagal login, silahkan periksa kembali isian data anda.
  7. Jika berhasil, maka akan tampil pakta integritas dan pilih "saya menyetujui pakta integritas ini" dan klik "Proses".
  8. Selanjutnya akan tampil Petunjuk Umum cara mengerjakan ujian. Silahkan baca dengan teliti dan pilih tombol "Mulai" untuk memulai ujian.

Masalah Instalasi Aplikasi Exam Browser Untuk Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Dalam memasang aplikasi ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan, mungkin akan ada masalah yang anda hadapi. Berikut adalah beberapa permasalahan yang mungkin anda temui dan alternatif solusinya.

  1. Masalah hardware (sistem operasi bermasalah, perangkat tidak mendukung, wifi/lan error silahkan ganti perangkat anda.
  2. Koneksi internet (sinyal tidak kuat, koneksi internet tidak stabil, akses ke server ujian atau zoom tidak baik) silahkan cek posisi, cek koneksi provider, pindah tempat ujian atau ganti provider internet.
  3. Aplikasi Exam Browser terblokir antivirus, silahkan tutup aplikasi dan disable antivirus, kemudian coba buka kembali aplikasi Exam Browser.
  4. Aplikasi Exam Browser tidak bisa diakses karena masih terdapat aplikasi aktif/terbuka, silakan tutup aplikasi yang muncul pada notifikasi misal: Mozilla, Chrome, skype, team viewer, dll, dan akses kembali file 2_MULAI_SELEKSI.
  5. Aplikasi ujian tidak support di Laptop peserta, disarankan mengupayakan ganti perangkat/pinjam dan install aplikasi dilaptop lain. 
  6. File aplikasi ujian belum terunduh sempurna, silakan melakukan unduh ulang file aplikasi ujian dan mengulang proses instalasi file 1_SEB_SELEKSI_INSTALL.

Demikian informasi tentang Aplikasi Exam Browser Untuk Seleksi Akademik PPG Daljab 2022, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar
Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.
Pastikan anda mencentang "beri tahu saya" atau "notify me" untuk mendapat pemberitahuan jika komentar anda sudah ditanggapi.