Manfaat Membaca Bagi Fisik Dan Mental

Manfaat Membaca Bagi Fisik Dan Mental
Manfaat Membaca Bagi Fisik Dan Mental - Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya, mungkin ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga sebagian orang. Hal ini karena ungkapan tersebut merupakan salah satu motivasi yang diberikan kepada seseorang agar ia mau membaca buku.

Membaca memang hal yang sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin. Melalui membaca, beragam informasi dan manfaat lainnya akan didapatkan.

Jika dahulu orang hanya bisa membaca buku, koran, majalah, dan media cetak lainnya, di era digital seperti sekarang ini orang beralih membaca melalui perangkat telepon pintar. Namun begitu, terlepas dari jenis media nya, membaca memang memiliki banyak manfaat baik bagi fisik dan mental seseorang selama bacaan tersebut mengandung informasi yang positif.

Tulisan ini akan membagikan informasi tentang manfaat membaca bagi kesehatan fisik dan mental selain manfaat mendapatkan informasi dari bacaan.

Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Merangsang Kerja Otak

Otak merupakan organ penting manusia yang memerlukan latihan agar dapat berfungsi secara optimal sama dengan organ tubuh manusia yang lain. Orang yang banyak membaca akan membuat otak melakukan aktivitas nya sehingga dapat tetap menjalankan fungsinya dengan baik.

Beragam penelitian juga sudah menunjukan bahwa manfaat membaca bagi fisik dan mental yaitu mencegah penyakit demensia atau pikun yang banyak menyerang orang usia lanjut. Aktivitas otak ketika membaca juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi dalam berpikir, dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat.

Mengurangi Stres

Stres merupakan kondisi yang sering dialami oleh sebagian orang setelah melakukan aktivitas harian yang melelahkan. Stres ditimbulkan karena berkembangnya hormon stres seperti hormon kortisol. 

Kegiatan membaca dipercaya dapat membuat pikiran menjadi lebih santai sehingga mampu menurunkan tingkat stres hingga 67%. Bahkan tekanan darah, gangguan mental ringan, dan gangguan mood tertentu dapat diatasi dengan membaca.

Anggapan orang bahwa membaca justru menimbulkan stres karena membuat otak tetap bekerja adalah hal salah. Hal ini karena yang terjadi justru manfaat membaca bagi fisik dan mental justru sebaliknya.

Menambah Pengetahuan

Menambah pengetahuan dan wawasan merupakan manfaat membaca bagi fisik dan mental selanjutnya. Pengetahuan yang didapatkan dari membaca merupakan hal yang sangat berharga.

Dengan semakin banyak membaca, maka pengetahuan yang didapatkan juga akan semakin banyak. Memiliki banyak pengetahuan tentu akan sangat bermanfaat dalam menghadapi permasalahan hidup baik dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Membaca akan membuka wawasan tentang berbagai permasalahan yang ada sehingga akan lebih bijak dalam mengambil keputusan untuk menghadapi masalah tersebut.

Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Membaca akan bermanfaat bagi fisik dan mental dalam hal keterampilan berbahasa. Berbagai kosakata baru yang dapat digunakan dalam berbahasa juga akan bertambah dengan semakin banyak membaca. Hal tersebut tentu akan sangat berguna untuk menambah keterampilan berbicara dan menyampaikan pendapat dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.

Meningkatkan Memori Otak

Membaca berbagai jenis bacaan dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi. Bahkan membaca memiliki manfaat bagi fisik dan mental dalam membantu latihan otak secara lebih baik dibandingkan hanya menonton televisi.

Berbagai hal dalam bacaan seperti karakter, latar belakang, alur cerita dan sebagainya memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. Berbagai hal yang berhasil masuk dalam ingatan, akan membantu mengasah jalur otak dan memperkuat nya.

Meningkatkan Empati

Empati merupakan kemampuan memahami perasaan orang lain. Melalui membaca, maka kemampuan empati akan semakin terasah seiring kemampuan memahami berbagai hal dalam bacaan.

Berbagai hal dalam bacaan juga dapat memberikan motivasi tersendiri dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Dengan membaca, maka seseorang dapat mengidentifikasi berbagai masalah dan kejadian dalam bacaan yang seolah-olah terjadi pada mereka sendiri sehingga akan meningkatkan empati dan kemampuan untuk mengambil tindakan.

Tips Mendapatkan Manfaat Membaca Bagi Fisik Dan Mental

Agar mendapatkan manfaat membaca bagi fisik dan mental secara optimal, berikut adalah tips membaca yang bisa dilakukan. Baca juga tips belajar yang sudah saya tulis sebelumnya untuk melengkapi tips berikut ini.

  • Tentukan waktu yang tepat untuk membaca, misalnya menjelang tidur dimalam hari.
  • Atur posisi yang nyaman dengan duduk di kursi dengan jarak mata dan bahan bacaan sekitar 25 sampai 30 cm.
  • Tentukan tujuan membaca agar manfaat yang didapatkan lebih optimal. 
  • Perkirakan gambaran isi bacaan secara umum agar lebih mudah fokus ketika membaca.
  • Siapkan berbagai pertanyaan yang mungkin akan ditemukan jawabannya setelah membaca.
  • Catat hal-hal penting dari bacaan untuk membantu mengingat isi pokok bacaan.
  • Berusaha untuk fokus ketika membaca.

Demikian informasi tentang manfaat membaca bagi fisik dan mental. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Komentar
Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.
Pastikan anda mencentang "beri tahu saya" atau "notify me" untuk mendapat pemberitahuan jika komentar anda sudah ditanggapi.