Ramadhan Di SDN 1 Titiwangi

Kegiatan Bulan Ramadhan Di SDN 1 Titiwangi
Kegiatan Bulan Ramadhan Di SDN 1 Titiwangi - Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat muslim, karena pada bulan ini Allah banyak menurunkan rahmat bagi umat islam yang beribadah di dalamnya. Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan sikap spiritual siswa, SDN 1 Titiwangi melaksanakan rangkaian pesantren kilat di bulan ramadhan kali ini.

Pelaksanaan pesantren kilat di SDN 1 Titiwangi sendiri telah sesuai dengan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan No. 800/957/IV.02/2022 tentang waktu pembelajaran selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah di Kabupaten Lampung Selatan. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa pada bulan Ramadhan pembelajaran diisi dengan penguatan pendidikan karakter dan pengamalan kegiatan keagamaan.

Kegiatan Bulan Ramadhan Di SDN 1 Titiwangi

Kegiatan bulan Ramadhan di SDN 1 Titiwangi dilakukan dalam bentuk kegiatan pesantren kilat. Kegiatan ini dilakukan dalam waktu 2 hari yaitu pada tanggal 18 dan 20 April 2022. 

Meskipun seharusnya kegiatan ini dilakukan pada tanggal 18 dan 19 April 2022, namun karena ada kegiatan lain pada tanggal 19 April 2022, maka kegiatan pesantren kilat dialihkan pada tanggal 20 April 2022.

Kegiatan pesantren kilat dilaksanakan di halaman sekolah mulai pukul 7.30 sampai pukul 10.20 WIB. Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 4, 5, dan 6 ini terbagi ke dalam beberapa rangkaian kegiatan setiap harinya. Adapun rangkaian kegiatan pesantren kilat di SDN 1 Titiwangi adalah sebagai berikut.

Hari Pertama (18 April 2022)

  • Pembukaan
  • Sholat Dhuha Berjamaah
  • Tadarus Al Quran
  • Kisah Nabi dan Rasul 
  • Shalawat

Hari Kedua (20 April 2022)

  • Praktik Sholat Idul Fithri
  • Tadarus Al Quran
  • Materi: puasa, zakat, sholat idul fithri, silaturahmi
  • Shalawat

Pada hari pertama, sejak kegiatan dibuka oleh bapak Misrianto, S. Pd. SD. selaku kepala sekolah hingga pelaksanaan sholat dhuha dan tadarus Al Quran, kegiatan berjalan khusu' dan kondusif. Namun pada saat materi kisah Nabi dan Rasul, suasana berubah menjadi kurang kondusif karena cuaca mulai panas. Meskipun hal tersebut tidak berlangsung lama, karena para siswa segera mencari tempat teduh dengan arahan bapak dan ibu guru SDN 1 Titiwangi. 

Pada hari kedua, suasana lebih kondusif sejak awal hingga selesainya kegiatan. Hal ini mungkin ada hubungannya dengan cuaca yang mendung sejak awal hingga akhir kegiatan.

Pada akhir kegiatan, baik hari pertama maupun hari kedua, siswa membaca shalawat atas Nabi lalu pulang kerumah dengan tertib. Berikut adalah beberapa momen kegiatan bulan Ramadhan di SDN 1 Titiwangi yang sempat diabadikan oleh salah seorang guru.

Foto Kegiatan Bulan Ramadhan Di SDN 1 Titiwangi

Kegiatan Bulan Ramadhan Di SDN 1 Titiwangi

Kegiatan Bulan Ramadhan Di SDN 1 Titiwangi

Kegiatan Bulan Ramadhan Di SDN 1 Titiwangi

Demikian informasi tentang kegiatan bulan Ramadhan di SDN 1 Titiwangi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar
Komentar anda akan ditinjau terlebih dahulu sebelum dapat diterbitkan.
Pastikan anda mencentang "beri tahu saya" atau "notify me" untuk mendapat pemberitahuan jika komentar anda sudah ditanggapi.